Rabu, 14 Desember 2011

PANDUAN TRAFFIC IKLAN RADIO


TRAFFIC IKLAN RADIO SIARAN



LATAR BELAKANG

Penulis sengaja memberanikan diri untuk menyusun panduan ini  karena belum ada panduan yang secara khusus membahas tugas bagian seorang Traffic iklan Radio Siaran.

Bayangkan apa jadinya apabila sebuah stasiun Radio Siaran tidak ada pekerja yang membuat  bukti siar, padahal bukti siar merupakan salah satu bukti bahwa iklan itu benar-benar diputar.

Biasanya pemasang iklan tidak akan membayar Iklan sebelum pihak Radio memberikan Kuitansi penagihan yang disertai dengan Faktur Pajak dan bukti Siar.

Untuk itu Seorang Traffic Iklan turut berperan dalam proses keuangan Sebuah Radio siaran, karena apabila pembuatan bukti siar betul dan tepat waktu maka semakin cepat pembayaran, begitu sebaliknya apabila pembuatan bukti siar lambat dan salah, maka pemasang iklan akan memperlambat pembayaran iklannya.

Barangkali tulisan ini bisa membantu dan memandu anda yang akan bekerja di Stasiun Radio Siaran. Panduan ini sengaja di buat simpel dan mudah dipraktekkan, sehingga orang yang belum tahu pun diharapkan dengan panduan ini bisa langsung bisa.


  
TRAFFIC IKLAN

Pendengar Radio Siaran  pada umumnya hanya mengenal penyiarlah yang sukses membawakan sebuah acara dari awal sampai akhir siaran.

Padahal untuk suksesnya sebuah acara di Radio tidak terlepas dari berbagai bagian dalam sebuah stasiun Radio tersebut.  Salah satu bagian yang penting itu adalah: Traffic Iklan.


Traffic Iklan Adalah salah satu  Bagian yang penting dalam sebuah Radio siaran, karena bagian Traffic iklanlah yang bertanggung jawab dan berperan mengatur, menjadwalkan dan memberikan Report (bukti Siar ) terhadap pemasang Iklan.

Secara Struktural Organisasi Perusahaan Radio Siaran, Traffic Iklan berada di bawah bagian Program Tetapi ada juga yang menempatkannya di bagian administrasi.

Dalam buku ini anda akan diajarkan bagaimana tugas seorang bagian traffic iklan Radio dari mulai tahap perencanaan, penjadwalan sampai pelaporan iklan untuk pemasang iklan.


Pengetahuan untuk jadi Seorang Traffic iklan Radio yang paling dasar adalah harus tahu dan mengetahui bentuk-bentuk periklanan Radio Siaran:


Bentuk-bentuk periklanan Radio:

1    1.   Loose Spot, yaitu: Iklan yang di buat dalam Bentuk Audio (Suara)

Spot Juga bisa  berbentuk: ILM, Insert,

2.   Adlibs, yaitu: Iklan yang di buat dalam bentuk Tulisan yang di bacakan Oleh Penyiar.

Selain Adlibs, ada juga yang disebut Iklan Baca

Perbedaannya: kalau Adlibs penyiar boleh berimpropisasi, tetapi kalau Iklan Baca: harus dibaca sesuai tulisannya.

Contoh Iklan Baca: Pengumuman dari pemerintahan, Surat Tugas, Surat Dinas dll.


3.   Promo, yaitu: Iklan yang menginformasikan Kegiatan atau Acara , Bentuknya bisa Audio ( Loose Spot) atau Adlibs


4.   Time Signal, yaitu: Iklan yang diputar dalam waktu-waktu Strategis, Misal: Setelah Tanda Waktu jam: 12.00 WIB, Menjelang Buka Puasa.


5.   Live Report: Yaitu Laporan Langsung (Reportase) oleh Reporter atau pemasang iklan dari tempat acara atau kegiatan. Durasi Live Report biasanya 1 menit sampai 5 menit.


6.   Sponsor Program : Iklan yang mensponsori Acara di Radio

Sesuai kesepakatan.

Sponsor Program bentuknya ada yang berupa Talkshow atau hanya mensponsori acara tersebut.

Sponsor Program terbagi:

Full Blocking

Artinya: dalam rentan waktu acara yang disponsori tidak boleh ada iklan lain yang masuk,

Contoh: Produk Susu Kedelai Mensponsori Acara dari Pkl. 08:00 s.d 08:30 WIB, Maka diantara rentan Waktu tersebut hanya iklan Susu Kedelailah yang di siarkan tidak Boleh ada iklan lain yang Tayang.

         
Semi Blocking

Artinya: dalam rentan waktu acara yang disponsori boleh ada iklan lain yang masuk,

Contoh: Produk Susu Kedelai Mensponsori Acara dari Pkl. 08:00 s.d 08:30 WIB,dalam rentan waktu tersebut iklan produk lain boleh disisipkan.


Bagian Traffic Iklan Radio juga harus tahu pasti Segmentasi Radio Siaran tempatnya bekerja dan yang paling utama adalah harus tahu Segmentasi Acara, sehingga jam siar  yang ditawarkan sesuai dengan keinginan pengiklan. 

Contonya:

Produk IM3 harus ditempatkan di Acara Anak Muda

Produk Obat Osteoporois di tempatkan di Acara Orang Tua


Bagian Traffic Iklan Radio harus tahu jam-jam mana saja yang layak di jual mahal ( Prime Time) dan jam mana yang biasa-biasa saja ( Reguler Time). Tetapi ada kalanya Stasiun Radio Siaran yang memberlakukan harga semua acara dan semua jam siar sama.


Jam-Jam Prime Time Radio:

Jam: 06:00  s.d 11:00

Jam: 14:00 s.d 17:00

Jam: 19:00 s.d 21:00


Ada juga Jam-Jam Prime Time yang diterapkan sesuai dengan acara di Radio Tersebut.


Pekerjaan Traffic iklan biasanya di mulai ketika Bagian marketing mendapatkan Order Iklan dari Pemasang Iklan.

Dalam hal pekerjaan, Bagian traffic iklan akan saling berhubungan dengan bagian Marketing, Kreatif  iklan dan Bagian Produksi Iklan.

Pemasang Iklan biasanya akan bernegosiasi dengan bagian Marketing Radio Siaran, dan setelah  ada kesepakatan, maka pihak pemasang iklan akan memberikan Media Order sesuai yang di tandatangani pihak pengiklan dan pihak Radio, atau ada kalanya pihak Radio yang membuat Media Order.

Setelah kedua belah pihak sepakat dan order iklan telah ditandatangani, Maka Marketing akan melimpahkan segala Urusan penyiaran ke Bagian Traffic Iklan, Urusan Keuangan ke Bagian Administrasi dan Keuangan, Sedangkan untuk Materi Iklan akan dilimpahkan ke Bagian Kreatif Iklan dan Bagian Produksi.


Tugas pokok bagian Traffic Iklan:
1. Membuat Schedule Tayang Iklan ( Rencana Tayang Iklan) Pekerjaan pertama bagian Traffic Iklan Setelah Marketing mendapatkan Order Iklan, Schedul Tayang Iklan atau Perencanaan penayangan Iklan.

Schedul Tayang Iklan ini sangatlah penting dan dibutuhkan oleh pemasang iklan, karena pengiklan bisa memastikan dan mengontrol langsung pemutaran Iklannya pada jam tersebut diputar atau tidak.

Tetapi Ada sebagian pemasang Iklan yang sudah menentukan jam siarnya, maka Schedule tayang iklan tidak usah di buat, Bagian Traffic Iklan tinggal menjadwalkan Saja.

Cara Pembuatan Schedule Tayang Iklan Lihat Contoh dibawah.




SCHEDULE TAYANG IKLAN
                                           Radio ………………………..
Client
: ..........................
Iklan
: ..........................
Frekuensi Penyiaran
: Spot 3x/Hari , Adlibs 3x/hari,
Durasi Iklan
: 60 Detik
Periode
: 26 Februari s.d 09 Maret 2013
Radio Station
: Radio .......................















NAMA PROGRAM
JAM TAYANG
Feb-13
Mar-13
Total
26
27
28
1
2
3
4
5
6
7
8
9














SPOT














Info Kita
07.00-08.00
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1

Lingkaran Keluarga
10.00-11.00
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
2

Kedai Kita
20.00-21.00
1
1
1
1
3
1
1
1
1
1
1

















ADLIBS














Info Kita
07.00-08.00
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1

Lingkaran Keluarga
10.00-11.00
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
2

Kedai Kita
20.00-21.00
1
1
1
1
3
1
1
1
1
1
1

















LIVE REPORT
Tentative











1
















TOTAL
6
6
6
6
10
6
6
6
6
6
6
7
77

TERTANDA












Radio…………………..
Jl……………………….
Tlp. 022………………..
Fax.022………………..
Website:www………….
Email:…………………..


2. Penjadwalan Iklan

Setelah Pembuatan Schedule Tayang Iklan, Tahap selanjutnya adalah penjadwalan Iklan, Bagian Traffic juga harus berkoordinasi dengan bagian Produksi dan Kreatif Iklan untuk memastikan Materi Iklan sudah siap atau belum.

Bagian Traffic Iklan Juga harus  pintar-pintar menempatkan jenis iklan yang sesuai acara dan sesuai permintaan pemasang iklan, Selain Itu, Traffic Iklan juga  memberikan Informasi kepada bagian marketing, acara dan jam mana saja yang sudah penuh terisi iklan, dan acara serta jam mana saja yang masih Kosong, sehingga iklan tidak menumpuk dalam satu acara atau jam tertentu.


Contoh Jadwal  jam tayang iklan
JAM
NAMA IKLAN
TIPE
KET




8:15
FATIGON PUTIH
ADLIBS

8:15
LASEGAR
SPOT

8:15
WIJAYA TOYOTA
SPOT

8:15
KOPI ABC SUSU
SPOT

8:30
KOPI ABC SUSU JAWA
SPOT

8:40
RUMUSAN ABC
ADLIBS
SPONSOR
8:45
KOPI ABC SUSU JAWA
SPOT

8:50
RUMUSAN ABC
ADLIBS

8:55
KOPI ABC SUSU JAWA
SPOT

9:15
PAGODA
SPOT

9:15
MUSLIMAH FEST
SPOT

9:15
PROMO INFO KITA
SPOT

9:15
KLINIK MATA
SPOT

9:30
ABON SEHATI
SPOT

9:30
AL-QUR'AN BRAILLE
SPOT

9:30
TEA ANGIN
SPOT

9:45
KOPI ABC SUSU
SPOT

9:45
ILM KUSTA DINKES
SPOT

9:45
FATIGON PUTIH
ADLIBS

9:45
KLINIK MATA
SPOT

10:15
KLINIK MATA
SPOT

10:15
MUSLIMAH FEST
ADLIBS

10:15
FATIGON PUTIH
ADLIBS

10:15
AL-QUR'AN BRAILLE
SPOT

10:15
TEA ANGIN
SPOT

10:30
MAJALAH BROADCATZMGZ
ADLIBS

10:30
KOPI ABC SUSU
SPOT

10:30
PAGODA
ADLIBS

10:30
FATIGON PUTIH
ADLIBS

10:30
LASEGAR
SPOT

10:45
KLINIK MATA
SPOT

10:45
KOPI ABC SUSU
ADLIBS

10:45
PROMO INFO KITA
SPOT




Radio-Radio FM pada umumnya sudah memakai Shafware bukti siar. Sehingga bagian traffic Iklan dalam menjadwalkan iklan hanya tinggal memasukan jam-jam siarnya saja sesuai susunan jadwal penayangan iklan dan untuk hasil penayangannya sudah  bisa langsung dilihat.

Tetapi ada juga Radio yang masih manual, sehingga bagian traffic Iklan harus membuat dulu susunan jadwal penyiaran penyiaran iklan:




3. Controling

Bagian Traffic Iklan setiap harinya harus mengontrol dan memastikan bahwa iklan yang dijadwalkan telah di putar, apabila ada gangguan tekhnik dan iklan belum terputar, maka Traffic iklan harus membayarnya, yaitu menjadwal ulang iklan yang tidak keputar, Atau Apabila Penyiar Lupa memutar iklan, maka bagian Traffic harus mengingatkannya kepada penyiar dan memastikannya bahwa iklan tersebut sudah diputarkan.


4. Rekap

Inilah Tugas Akhir Bagian Traffic Iklan yang paling penting  yaitu merekap Iklan-Iklan yang telah diputarkan dan memastikan pemutaran Iklan sesuai dengan Order Iklan sehingga apabila sudah benar di Rekap dalam bentuk bukti siar yang nantinya di laporkan kepada bagian administrasi untuk penagiahan iklan kepada pemasang iklan.


CONTOH BUKTI SIAR

NAMA IKLAN               
:  Susu Kedele Versi Ibu Ida     
BRAND                           :  Susu Kedele      
PERIODE                        :  01 s.d 28  Februari 2011     
FREKUENSI                   :  Spot 3x/Hari, Adlibs 3x/Hari     
NO. OREDER               : .....………………………………
TGL ORDER                   :  ………………............................    
PEMASANG IKLAN      :  ……………...............................

TANGGAL          SPOT                  ADLIBS      FREK
1 2 3 1 2 3
01/02/2011 11:31 15:21 17:19 10:57 15:50 17:46     6
02/02/2011 11:24 15:33 17:29 10:23 15:42 17:10     6
03/02/2011 11:25 15:19 17:24 10:52 15:51 17:38 6
04/02/2011 11:30 15:15 17:30 10:36 15:49 17:45     6
05/02/2011 11:37 15:32 17:13 10:42 15:49 17:37     6
06/02/2011 11:47 15:16 17:15 10:39 15:41 17:44     6
07/02/2011 11:43 15:16 17:15 10:56 15:36 17:42 6
08/02/2011 11:41 15:19 17:26 10:57 15:31 17:57     6
09/02/2011 11:22 15:22 17:19 10:45 15:47 17:08 6
10/02/2011 11:34 15:16 17:07 10:43 15:40 17:57     6
11/02/2011 11:26 15:14 17:32 10:44 15:50 17:12 6
12/02/2011 11:29 15:17 17:53 10:59 15:39 17:15 6
13/02/2011 11:42 15:44 17:47 10:42 15:42 17:42 6
14/02/2011 11:39 15:09 17:23 10:44 15:32 17:55 6
15/02/2011 11:42 15:17 17:26 10:57 15:55 17:45 6
16/02/2011 11:30 15:29 17:34 10:49 15:57 17:51 6
17/02/2011 11:37 15:19 17:25 10:52 15:57 17:56 6
18/02/2011 11:25 15:27 17:47 10:33 15:40 17:55     6
19/02/2011 11:35 15:45 17:21 10:54 15:50 17:36 6
20/02/2011 11:25 15:32 17:18 10:41 15:55 17:46 6
21/02/2011 11:24 15:32 17:28 10:37 15:46 17:42 6
22/02/2011 11:28 15:21 17:16 10:46 15:39 17:52 6
23/02/2011 11:28 15:20 17:25 10:53 15:30 17:54 6
24/02/2011 11:45 15:23 17:28 10:54 15:34 17:51 6
25/02/2011 11:12 15:20 17:22 10:58 15:46 17:52 6
26/02/2011 11:16 15:17 17:15 10:59 15:41 17:43 6
27/02/2011 11:34 15:30 17:33 10:55 11:20 17:51 6
28/02/2011 11:42 15:17 17:18 10:52 11:09 17:33 6
TOTAL 168
Bandung, 01 Maret 2011
......................
Bagian Iklan


5. Tugas Lainnya

Bagian Traffic Iklan Juga mempunyai tugas tambahan diantaranya adalah: Membuat Monitonring Iklan.

Monitoring iklan ini diperlukan untuk memberi tahukan masukan kepada pemasang iklan, Produk apa saja yang telah beriklan DiRadio ini.


Contoh Monitoring Iklan

MONITORING IKLAN
BULAN OKTOBER 2012






NAMA IKLAN/VERSI
KATEGORI PRODUK
BRAND
BENTUK IKLAN
PERIODE
FREK/HARI
SPONSOR





Promo Acara Sponsor





ABC Susu Info Lita
Consumer Goods
Kopi ABC Susu
Promo
01-31 Okt
3x
ABC Susu Ngawarung
Consumer Goods
Kopi ABC Susu
Promo
01-31 Okt
3x
ABC Susu Lepas Bebas
Consumer Goods
Kopi ABC Susu
Promo
01-31 Okt
3x






Loose Spot





Kopi ABC Susu Rumusan ABC
Consumer Goods
Kopi ABC Susu
Loose Spot
01-31 Okt
3x
Kopi ABC Susu Rumusan ABC
Consumer Goods
Kopi ABC Susu
Loose Spot
01-31 Okt
3x
Kopi ABC Susu Rumusan ABC
Consumer Goods
Kopi ABC Susu
Loose Spot
01-31 Okt
6x






Adlibs





Kopi ABC Susu Rumusan ABC
Consumer Goods
Kopi ABC Susu
Adlibs
01-31 Okt
2x
Kopi ABC Susu Rumusan ABC
Consumer Goods
Kopi ABC Susu
Adlibs
01-31 Okt
2x
Kopi ABC Susu Rumusan ABC
Consumer Goods
Kopi ABC Susu
Adlibs
01-31 Okt
4x
SPOT RITEL





Lasegar
Minuman Kesehatan
Lasegar Plus & Kaleng
Loose Spot
01-31 Okt
10x
Kopi ABC Susu Rumusan ABC
Consumer Goods
Kopi ABC Susu
Loose Spot
05 Okt - 04 Nop
5x
Tea Angin
Minuman Kesehatan
Minuman Kesehatan
Loose Spot
01-31 Okt
10x
Kopi Ya
Consumer Goods
Kopi Ya
Loose Spot
01-31 Okt
10x
Wijaya Toyota
Dealer
Wijaya Toyota
Loose Spot
01-31 Okt
4x
Anakonidin /Konvermex
Farmasi
Anakonidin /Konvermex
Loose Spot
01-31 Okt
5x
Pagoda Xylitol
Farmasi
Pagoda Xylitol
Loose Spot
01 - 31 Okt
4x
Nissin
Consumer Goods
Nissin Vegetable
Loose Spot
01 - 31 Okt
3x
Monde
Consumer Goods
Monde
Loose Spot
01 - 31 Okt
3x
ILM Bebas Merokok
ILM
Diskominfo Jabar
Loose Spot
01-31 Okt
40x/Bln
ILM Traficking dan KDRT
ILM
P2TP2A
Loose Spot
01-31 Okt
2x (tgl Genap)
Klinik Mata Herbal Himalaya
Pengobatan Alternatif
Klinik Mata Herbal Himalaya
Loos Spot
01-31 Okt
8x
ADLIBS





Lasegar
Farmasi
Lasegar Plus & Kaleng Capa Badak
Adlibs
01-31 Okt
2x
Tea Angin
Minuman Kesehatan
Teangin Cap Badak
Adlibs
01-31 Okt
2x
Majalah Broadcast Magz
Majalah
Broadcast Magz
Adlibs
01-31 Okt
45x/Bln
Pagoda Xylitol
Farmasi
Pagoda Xylitol
Adlibs
01 - 31 Okt
4x






TALKSHOW & REPORTASE & KUIS










Kagagas Bandung Barat
Pemerintah KBB
Kagagas Bandung Barat
Talkshow
01-31 Okt
1x/Mg
Reportase On The Spot
Pemprov Jabar
Reportase Kegiatan Gubernur Jbr
Reportase
01-31 Okt
5x/Bln
Talkshow
P2TP2A
P2TP2A
Talkshow
01-31 Okt
2x/bln
Navita Inti Prima
Farmasi
Glucoblock
Talkshow
01-31 Okt
1x/bln
Liputan Langsung Pelantikan  Walikota Cimahi
Pemerintah Kota Cimahi
Pemerintah  Kota Cimahi
Talkshow
01-31 Okt
1x/Bln






Bandung, 01 Oktober 2012






















Andri





Traffic Iklan








Dibeberapa Radio ada kalanya seorang Traffic Iklan merangkap bagian administrasi bahkan merangkap bagian kreatif iklan.




CONTOH MEDIA ORDER



                                      
                             MEDIA ORDER 
                     No. 24/VI/.....-FM/2012


DATA   IKLAN 
Nama Iklan:ILM  ANTI NARKOBA
Bentuk Iklan:Spot, Adlibs dan Talkshow
Produk:ILM
Klien:PT……………………………
Alamat Jl. ……………………………
Media:RADIO  ………………………
Periode:02 Juni s.d 30 02 Juli  2012
   
Frekuensi Siar:Spot 10x, Adlibs 1x, Talkshow 1x
Jam Penyiaran:………………………………..
Biaya Air Time:………………………………..
PPn:………………………………..
Total Biaya:………………………………..
                                             
                                               
Ket. :
Pembayaran Sesuai Kesepakatan.
Bandung,  25 Juni 2012
P.T. RADIO……………..                                   PT……………………..
     
……………………………  .............................................
Wakil Direktur




Contoh Promo Acara/ Promo Event


Kembali Harmoni Enterprise Menggelar //

Konser Amal Solusi Persaudaraan 6 /
Untuk Indonesiaku Makin Mantap //

Pada Hari Minggu 05 Desember 2010/
Di Lapang tegallega Bandung/
Mulai pukul 06.30 WIB//

Tausyiah bersama Ustadz Dudi Muttaqin/

Acara /
Lomba mewarnai untuk tingkat TK, Lomba Kreasi Cangkang
Donor Darah, Pelayanan KB Gratis, Pelayanan Kesehatan Gratis/
Konsultasi Keluarga Gratis//
Pengumpulan Dana untuk Korban bencana alam.//

Untuk Donor Darah
Segera Daftarkan ke Radio Lita Tlp. 022-6613594
Tempat Terbatas

Hiburan Menampilkan:
Sesi 1:
Ebiet Bith A, Shouhar, Ummi Maktum Voice, Edcoustic,Hawari,    
The Fikr, Tashiru, Mupla, Ina dan Suby, Fika, Snada dan Justice Voice
Rampak Gendang SD YWKA Bandung
Kesenian Sunda dan Puisi SLB B Prima Bhakti Mulia

Sesi 2:
Drive, Phantom dan Guest Star ST 12

Beli Paket Kopi ABC di Lokasi acara /
Pembelian Paket Kopi ABC bisa dibeli di Radio Lita FM
dan Raih Hadiah menariknya/
Lemari Es, TV 21 Inchi, Handphone dan Lain-Lain
Dapatkan Grandprize 4 Paket Umroh//

Acara ini di Sponsori  oleh Kopi ABC/
Didukung Oleh Ceremix/
Media Parther 90,9 Lita FM dan 102,7 MQ FM, dan MQ TV///


PENUTUP
Demikianlah beberapa tugas seorang Bagian Traffic Iklan Radio Siaran, Semoga Buku ini bisa membantu anda dalam proses pembuatan bukti siar dari awal sampai pelaporan ke pemasang iklan, yang pada akhirnya dengan bukti siar yang rapi dan tidak menyimpang dari MOU diharapkan pengiklan semakin percaya dan terus beriklan.


Penyusun mohon maaf apabila ada kata-kata atau penjelasan yang tidak jelas, kami sadar masih banyak kekurangan, dan untuk lebih baik, kami akan terus menyusun di edisi selanjutnya.

Untuk kritik dan saran perbaikan silahkan kirim ke: e-mail  udepthea@yahoo.com


Salam sukses semoga buku ini bisa membantu anda membuat bukti siar Radio Siaran.


Wassalam



Andry

             













11 komentar:

  1. informasinya bermanfaat sekali kang.. coba postingannya diperbanya supaya lebih instens kembali dan dunia radio bisa lebih naik kembali pamornya.. :)

    BalasHapus
  2. Thanks for ur referensi na bung..sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  3. Sama sama, sangat sederhana biar mudah dimengerti

    BalasHapus
  4. terima kasih kang infonya sangat bermanfaat... saya jadi ada referensi ntuk laporan traffic

    BalasHapus
  5. Sama Sama Kang, mangga untuk adm periklanan saya bisa bantu

    BalasHapus
  6. Terimakasih Infonya sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
  7. Kereen akang Andri,,infonya menambah wawasan,,sukses trus untuk akang,,klo ada informasi tambahan di update lagi ya kang..sebagai media pembelajaran dan referensi untuk aku ^_^

    BalasHapus
  8. Ayu. itu cuma berdasarkan pengalaman saya aja, semoga ilmunya bisa diaplikasikan di Radio Ayu. mohon maaf masih banyak kekurangan, coba nanti di update apabila ada ilmu baru yg saya peroleh, mohon kritik dan sarannya ya.

    BalasHapus
  9. Kang minta tarif iklan radio kita untuk masing2 jenis ?

    BalasHapus

Promo bukalapak

https://www.bukalapak.com/exclusive/ragam-fashion-terkini